Minggu, 28 September 2008

boboran

lebaran kalo dkampung gw dsebutnya boboran. tp lbaran ato boboran dkampung gw drayainnya bukan cm pas idul fitri aja. tp terserah stiap org yg mau ngadainya. biasanya dimulai dr 1minggu sblm idul fitri smpe 1minggu stlahnya. gw c ga tau ya tradisi ini drayain orang 1 majalengka apa ga. kl dkampung gw c yg mampu aja. oiya boborannya tuh drayainya dgn cara,yg mampu mtong kambing trs dmasak dtambah sama lauk lainya jg,biasanya smpe 3mcm,n yg psti nasi jg. tp klo yg pny duit pas2an ato ga pny wkt bwt masak2nya mrk biasanya cm ngirim bhan mkanan mntah aja (telor,mie,bras,dll). trs di bungkus2in,udh gt dkirim kehampir tiap rmh yg da di desanya ato bhkn smpe k desa lain jg. dsini klo mau ngrim ckp mngerahkan sanak sodara aja bwt dtg ke rmh2. jd, tiap gw mudik,klo nyokap ato bibi ga masak,ya ga msalah,dimeja mkan ada bnyk mkanan kiriman dr msyarakat kmpung gw. bayangin dh tuh brapa bnyknya mkanan yg ada. alhamdulillah,tiap taun jg nyokap gw ngadain boboran. bsa dbilang hal ini sma aja kaya tukeran mkanan gt.

Tidak ada komentar: